Indonesia Data Center (IDC)

Assalamualaikum Wr.Wb
Pada postingan kali ini, saya merangkum sebuah artikel yang membahas dari topik sebelumnya yaitu tentang bisnis datacenter. Artikel kali ini membahas mengenai perusahaan yang sukses dibidang Informatika, terutama datacenter yaitu IDC (Indonesia Data Center).

IDC (Indonesia Data Center)

IDC (Internetindo Data Center atau Indonesia Data Center) didirikan pada 15 September 2000 dengan dipimpin oleh Johar Alam Rangkuti selaku pemilik Indonesia Data Center. Perusahaan ini mengakuisisi sebagai titik temu dan rumah semua koneksi telekomunikasi, internet, web service, sms gateway dari dalam dan keluar Indonesia. Serta wadah bagi semua penyedia konten lokal maupun internasional karena lebih dari 99% atau bisa dikatakan hampir seluruhnya lalu lintas internet Indonesia melewati fasilitas jalur perusahaan ini. Tentunya dengan akses yang sangat aman dan cepat, tidak ada tempat data center yang lebih baik dari IDC di Indonesia.
IDC saat ini sendiri merupakan datacenter pertama, terbesar dan satu-satu nya yang bersifat neutral datacenter di Indonesia karena banyak perusahaan yang menyewa bahkan menitipkan data kedalam servernya untuk dimanage oleh tim IDC. Di IDC terdapat perusahaan ISP juga dan salah satunya terdapat perusahaan media elektronik yang sangat terkenal di Indonesia. Untuk itu, bersifat netral disini mungkin agar bisa menjaga relasi dari IDC ke semua perusahaan yang menjadi partnernya.
Kehadiran IDC Indonesia kini membentang dari barat ke timur Indonesia, tentu saja dengan koneksi yang saling berhubungan. Fasilitas di daerah Batam digunakan untuk melayani kebutuhan wilayah Sumatra, juga sebagai fasilitas gerbang ke Singapura, Malaysia dan bagian lain dari dunia. Dua Fasilitas Jakarta melayani kebutuhan untuk Jakarta dan sekitarnya, dibangun khusus untuk mereka yang ingin menempatkan peralatan mereka terdekat Pusat mereka bisnis di Jakarta. Fasilitas Bandung, Solo dan Makassar berturut-turut melayani kebutuhan untuk Jawa Barat, Jawa Timur dan Timur Indonesia. Semua fasilitas yang dibangun sudah sesuai dengan Standar Operasional kelas Internasional.
Maksud dan Tujuan didirikannya IDC yaitu sebagai salah satu jembatan akses koneksi internet dari luar dan kedalam Indonesia yang kemudian di filtrasi dan mengumpulkan atau memusatkan suatu jaringan provider dalam satu tempat agar mudah dihubungkan dan mudah di manage agar saling terkoneksi antara satu sama lain.

Pendiri IDC (Indonesia Data Center)
Pendiri IDC (Indonesia Data Center) yaitu bernama Bapak Johar Alam Rangkuti. Pria kelahiran Februari 1969 ini dan mempunyai istri bernama Sri handayani. Mereka mulai mendirikan perusahaan ini tahun 2000 dan berjalan hingga sekarang dan mempunyai cabang di beragai daerah.

Gambar Johar Alam Rangkuti (IDC)

Mungkin itu saja artikel yang dapat saya rangkum berdasarkan referensi dari beberapa website dan video di youtube yang menggambarkan perusahaan IDC (Indonesia Data Center)

Wassalamualaikum Wr.Wb

Sumber : http://www.idc.co.id
Previous
Next Post »