Cloud Computing dan Contohnya

Cloud Computing 

A. Pengertian 
Menurut Peter Mell dan Timothy Grance (2012:2) definisi Cloud Computing adalah sebuah model yang memungkinkan untuk ubiquitous (Diamanapun dan kapanpun), Nyaman, On-demand akses jaringan ke sumber daya komputasi (contoh: jaringan, server, storage, aplikasi, dan layanan) yang dapat dengan cepat dirilis atau ditambahkan.  Cloud  Computing  sebagai  suatu  layanan  teknologi  informasi  yang dapat dimanfaatkan  oleh pengguna dengan berbasis jaringan/internet. Dimana suatu sumber daya, perangkat lunak, informasi dan aplikasi disediakan untuk digunakan oleh komputer lain yang membutuhkan. Cloud computing mempunyai dua kata “Cloud” dan “Computing”. Cloud yang berarti internet itu sendiri dan Computing adalah proses komputasi.
Konsep Cloud computing biasanya dianggap sebagai internet. Karena internet sendiri digambarkan sebagai awan (Cloud) besar (biasanya dalam skema jaringan, internet dilambangkan sebagai awan) yang berisi sekumpulan komputer yang saling terhubung. Cloud computing datang sebagai sebuah evolusi yang mengacu pada konvergensi teknologi dan aplikasi lebih dinamis. Dimana terdapat perubahan besar memiliki implikasi yang menyentuh hampir setiap aspek komputasi.  Untuk end user,
Komputasi  awan  menyediakan  sarana  untuk  meningkatkan  layanan  baru  atau mengalokasikan sumber daya komputasi lebih cepat, Berdasarkan kebutuhan bisnis.


(Sumber Gambar: DataART) 
Empat Model mengembangan cloud

1.   Public Cloud
Jenis Cloud ini diperuntukkan untuk umum oleh penyedia layanannya.

2.   Private Cloud
Merupakan  infrastruktur  layanan  Cloud,  yang  dioperasikan  hanya  untuk sebuah  organisasi tertentu.  Infrastruktur  Cloud  itu  bisa  saja  dikelola  oleh sebuah  organisasi  itu  atau  oleh  pihak  ketiga.  Lokasinya  pun  bisa  on-site ataupun off-site. Biasanya organisasi dengan skala besar saja yang mampu memiliki/mengelola private Cloud ini.

3.   Community Cloud
Dalam model ini, sebuah infrastruktur Cloud digunakan bersama-sama oleh beberapa organisasi yang memiliki kesamaan kepentingan, misalnya dari
sisi misinya, atau tingkat keamanan yang dibutuhkan, dan lainnya.

4.   Hybrid Cloud
Yang menggabungkan baik public dan private. Untuk jenis ini, infrastruktur Cloud yang tersedia merupakan komposisi dari dua atau lebih infrastruktur Cloud  (private,  community,  atau  public).  meskipun  secara  entitas  mereka tetap berdiri sendiri, tapi dihubungkan oleh suatu teknologi / mekanisme yang memungkinkan portabilitas data dan aplikasi antar Cloud itu. Misalnya, mekanisme  loadbalancing  yang  antar  Cloud,  sehingga alokasi sumberdaya bisa dipertahankan pada level yang Optimal.

B. Cara Kerja

Prinsip kerja cloud computing itu berawal dari prinsip fleksibelitas yang di mana user (pengguna) lebih di manjakan dengan berbagai kemudahan dalam penggunaan komputer. Prinsip cloud computing mengutamakan internet sebagai alat untuk mempermudah pengguna komputer. Proses kerja cloud computing menggunakan internet sebagai sistem utama sebagai pengolah atau aplikasi. Semua data atau perintah yang dikirimkan akan di simpan atau diolah di dalam internet.
Selain itu juga cloud computing menggunakan prinsip on-demand (saat itu juga) prinsip ini juga membuat cloud computing dapat di gunakan kapan saja dan dimana saja.

C. Contoh Cloud Computing

Penghematan biaya akan pembelian fasilitas seperti infrastruktur, hardisk, dll akan berkurang dikarenakan pengguna akan dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing. Biaya royalti atas lisensi software juga bisa dikurangi karena semua telah dijalankan lewat komputasi berbasis Cloud.
Penerapan Cloud Computing sudah dilakukan oleh beberapa perusahaan IT ternama dunia seperti Google lewat aplikasi Google Drive, IBM lewat Blue Cord Initiative, Microsoft melalui sistem operasi nya yang berbasis Cloud Computing, Windows Azure dsb. Di kancah nasional sendiri penerapan teknologi Cloud juga dapat dilihat melalui penggunaan Point of Sale/program kasir.
Salah satu perusahaan yang mengembangkan produknya berbasis dengan sistem Cloud adalah DealPOS. Metode kerja Point of Sale (POS) ini adalah dengan mendistribusikan data penjualan toko retail yang telah diinput oleh kasir ke pemilik toko retail melalui internet dimanapun pemilik toko berada.  Selain itu, perusahaan telekomunikasi ternama nasional, Telkom juga turut mengembangkan sistem komputasi berbasis Cloud ini melalui Telkom Cloud dengan program Telkom VPS dan Telkom Collaboration yang diarahkan untuk pelanggan UKM (Usaha Kecil-Menengah).

D. Penjelasan Singkat Ms.Azure

Microsoft Azure adalah sebuah layanan komputasi awan terintegrasi melayani kebutuhan IaaS maupun PaaS Anda. Jalankan Bahasa pemrograman, tools, framework, sampai software favorit Anda dengan nyaman di Azure.

Beberapa Layanan Ms.Azure 
1. Web Sites (Web Hosting): Ialah sebuah layanan hosting yang digunakan untuk meletakkan website yang telah kalian buat. Pada layanan ini kalian dapat meningkatkan maupun menurunkan spesifikasinya sesuai kebutuhan.

2. Virtual Machine: Layanan yang menyediakan virtual machine berbasis Windows Server atau Linux di datacenter Microsoft.

3. Cloud Service: Layanan ini adalah layanan cloud server dimana kamu bisa mendeploy dan menjalankan berbagai aplikasi web dengan teknologi cloud.

4. Mobile Service: Layanan ini menyediakan infrastruktur cloud untuk mengembangkan aplikasi mobile seperti aplikasi Windows Phone, iOS, dan HTML/JavaScript.

Microsoft azure juga menyediakan layanan Data Services, seperti: Storage, SQL Database, SQL Reporting, HDInsight, Backup, dan Recovery Manager.

Sehingga dengan adanya Microsoft Azure ini, para developer dapat dengan leluasa mengembangkan aplikasinya tanpa khawatir ketergantungan salah satu platform.

Microsoft Azure dapat diperoleh secara gratis dengan menggunakan akun Microsoft DreamSpark (yang telah saya bahas pada posting sebelumnya), untuk mendapatkan Microsoft Azure secara gratis akan saya bahas di posting selanjutnya, jadi jangan ke mana mana.

Sumber :
http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.html
http://aoktox.blogspot.co.id/2016/03/apa-itu-microsoft-azure.html
Previous
Next Post »